Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI PASUNDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SURYANTO SAPUTRA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI PASUNDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena Dalam pembelajaran IPA biasanya guru tidak menggunakan metode yang bervariasi, sehingga dalam pembelajaran siswa lebih pasif dan hanya menerima penjelasan dari guru saja. Sebagai akibat dari guru yang kurang terampil dalam memberikan pembelajaran, hasil yang diperoleh siswa hanya bersifat teori bahkan ada siswa yang tidak memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya setiap siklus meliputi planning ( rencana ), Action ( tindakan ), observation ( Pengamatan ), dan reflection ( refleksi ). Siswa yang diteliti berjumlah 28 Siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki - laki dan 10 siswa perempuan, pada siklus pertama yang dilaksanakan pada tanggal 08 mei 2023 siswa yang mencapai ketuntasan minimal hanya 67,86% kemudian pada siklus kedua yang di laksanakan pada tanggal 11 Mei 2023 siswa yang mencapai ketuntasan minimal menjadi 89,29 %. Dengan demikian metode experiental learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: model kemmis dan taggart, IPA, metode experiental learning
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item
View Item