ARIANA YULIANTI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUNGAI HITAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Balhalsal Indonesial aldallalh balhalsal pengalntalr daln digunalkaln dallalm dunial pendidikaln. Hall ini memberikaln pertalndal balhwal balhalsal Indonesial digunalkaln dallalm Kegialtaln Belaljalr Mengaljalr (KBM) daln digunalkaln sebalgali balhalsal pengalntalr dallalm buku-buku pelaljalraln.iPembelajaran bahasa Indonesia pada kelas IV SDN Sungai Hitam selama ini kurang begitu disenangi, dikarenakan peserta didik kurang termotivasi dan kurangnya minat dalam mengikuti pelajaran Bahsa indonesiai. Peneliti berupaya memperbaiki kondisi tersebut dengan melakukan penelitian tindakani kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Permasalahan yang dibahas dalam penelitiani ini yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Melalui model Cooperative Learning pada siswa kelas IV SDN Sungai Hitam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuii hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model Cooperative Leraning pada siswa kelas IV SDN Sungai Hitam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV berjumlah 24 peserta didik dengan menggunakan 2 siklus. Obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Hitam yang berjumlah 24 siswa yang terdiri laki-laki 13 orang perempuan 11 orang. Berdasarkan data hasil belajar siklus I Siswa Kelas IV SDN Sungai Hitam disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sudah lebih baik dari pra siklus walaupun secara individu maupun secara klasikal masih belum tuntas. terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 83,33%, belum mencapai 85% secara klasikal. Maka pembelajaran pada siklus I ini dinyatakan belum berhasil dan harus melaksanakan siklus II. Berdasarkan data hasil belajar siklus II Siswa Kelas IV SDN Sungai Hitam dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II sudah lebih baik dari pra siklus dan siklus I, dan dapat dinyatakan bahwa siklus II tuntas secara klasikal. terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh sebesar 87,5%, telah mencapai 85% secara klasikal. Maka proses pembelajaran pada siklus II ini dinyatakan berhasil dan tidak harus melakukan siklus III.Disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Sungai Hitam. Alat pengkukur data yang digunakani penelitian observasi, tekniki tes dan metodei dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil Belajar,dan Model pembelajaran Cooperative learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2526 |