Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

WINDA YURIKA (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas 5 SD Negeri 1 Rambai dengan Pendekatan Realistik Matematika. Adapun jenis penelitian yang diambil yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menerapkan 3 siklus antara lain tahap pra siklus, siklus 1 dan 2. Aktivitas survey dan observasi dilakukan pada tahap pra siklus. Tahap perencanaan hingga refleksi dilakukan pada siklus 1 dimana peneliti juga membahas materi serta memberikan tes 1. Sedangkan pada siklus 2, peneliti melakukan perbaikan berdasarkan hasil refleksi pelaksanaan siklus 1 dan serta pemberian tes terakhir. Adapun subjek penelitian ialah siswa di kelas 5 SD Negeri 1 Rambai yang terdiri atas 22 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik utama dengan mengumpulkan data melalui tes dan observasi. Sedangkan metode pendukung yang dipilih adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan Pendekatan Realistik Matematika mampu meningkatkan hasil belajar bangun ruang pada siswa di kelas 5 SD Negeri 1 Rambai. Hal tersebut didukung dengan meningkatnya jumlah siswa yang menunjukkan ketuntasan belajar dimana hasil pre-test 22,73% meningkat menjadi 45,45% di tahap siklus 1 kemudian menjadi 81,82% di siklus yang ke-2.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Keywords: Hasil Belajar, Konsep Bangun Ruang, Pemahaman, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

View Item
View Item