Search for collections on Karya Ilmiah

INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN JARIMATIKA BERNYANYI

RUDY PRASETYO (2023) INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN JARIMATIKA BERNYANYI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena hampir sebagian siswa masih merasa kesulitan dalam operasi hitung perkalian, hal ini berdampak terhadap keaktifan belajar siswa, oleh karena itu peneliti tertarik dalam melakukan penelitian ini yang bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran operasi hitung perkalian melalui model pembelajaran yang cepat dengan jarimatika. Penelitian ini melibatkan sebanyak 18 orang siswa kelas IV SD Negeri Sindang Marga Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin, Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan II, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data ini diperoleh dengan observasi, wawancara dan tes. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan proses pengumpulan data dengan pengelompokan kategori penilaian yang mengacu pada keaktifan peserta didik dengan menggunakan indikator penilaian. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada siklus I 50 % siswa atau 9 siswa dari 18 siswa dikelas yang aktif dalam pembelajaran dengan metode jarimatika bernyanyi dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan 83 % siswa atau 15 siswa yang aktif dalam pembelajaran jarimatika bernyanyi pada siswa kelas IV di SD Negeri Sindang Marga.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kuantitatif, Metode Jarimatika Bernyanyi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item
View Item