RAHMAH PERMATA DEWA (2023) Penggunaan Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA pada Konsep Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V SD Negeri 1 Tanjung Tebat. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKRendahnya hasil belajar IPA pada konsep sifat–sifat cahaya di kelas V. Hal ini terlihat banyak siswa yang tidak mencapai KKM yaitu 65 sesuai dengan target yang diharapkan. Berdasarkan Permasalahn tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan melihat penggunaan pembelajaran metode eksperimen terhadap pembelajaran IPA pada konsep sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Tanjung Tebat. Menggunakan metode eksperimen siswa dilatih untuk menggunakan metode ilmiah dan sikap ilmiah secara benar dan sesungguhnya. Metode eksperimen tidak selalu harus dilaksanakan di laboratorium, eksperimen dapat dilakukan di luar laboratorium dan dalam kehidupan sehari-hari. Subjek pada penelitian ini siswa kelas V berjumlah 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus keaktifan dan hasil belajar siswa menunjukan hanya 8 siswa atau 33% dari 21 siswa. Pada Siklus I meningkat menjadi 16 siswa atau 76 % dari 21 siswa, serta nilai rata-rata kelas juga meningkat menjadi 68,8. Pada siklus II keaktifan dan ketuntasan meningkat menjadi 21 siswa atau 100% dari 21 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Cahaya, Eksperimen, Keaktifan dan Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2502 |