Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD TALANG KELAPA

JOKO SANTOSO (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD TALANG KELAPA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa di kelas IV SD Talang Kelapa pada materi keliling dan luas bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Snowball throwing. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa kelas IV yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data yang digunakan terdiri dari jenis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Persentase keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 35% dan meningkat pada siklus 1 menjadi 60% serta pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 80%. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 45,33 dengan persentase ketuntasan 20%. Terjadi peningkatan pada siklus 1 sebesar 63,67 dengan persentase ketuntasan 60%. Peningkatan kembali terjadi pada siklus 2 sebesar 81,33 dengan persentase ketuntasan 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode Snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Talang Kelapa. Implikasi dari penelitian ini adalah guru diharapkan menerapkan metode Snowball throwing dalam pengajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Metode Snowball Throwing
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item
View Item