HIKMA AGUSTINA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TERUSAN KECAMATAN KARANG JAYA KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di kelas PKn masih rendah karena guru hanya menggunakan format ceramah dan fokus mencatat dari buku paket. Namun aktivitas siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang optimal dan motivasi belajar siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PKn dengan menggunakan materi instansi pemerintah untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Terusan yang menggunakan model pembelajaran TGT. Format penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan pada saat prasiklus hanya 5 siswa (23,80%) yang dapat memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 62,38 atau. Setelah diberikan tindakan dengan pendekatan TGT pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70. Pada siklus II hasil tes setelah diberikan tindakan dengan pendekatan TGT secara signifikan mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi (80,95), atau 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Terusan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : hasil belajar, Pkn, team game tournament |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2499 |