ROMLI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG PENGUKURAN WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JAM ANALOG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 1 JAMBUREJO KECAMATAN SUMBERHARTA KABUPATEN MUSI RAWAS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPeningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tentang Pengukuran Waktu dengan Menggunakan Alat Peraga Jam Analog Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 1 Jamburejo Kecamatan Sumberharta Kabupaten Musi Rawas Rumusan masalahnya Apakah dengan menggunakan alat peraga jam analog tentang pengukuran waktu dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Jamburejo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri1 Jamburejo pada pelajaran matematika tentang pengukuran waktu dengan menggunakan alat peraga berupa jam analog. Pelaksanaan penelitian dimulai dari pra siklus yang dilakukan pada hari Selasa tanggal 02 Mei 2023, siklus I pada hari Senin tanggal 08 Mei 2023 dan siklus II pada hari Senin tanggal 15 Mei 2023. Dengan hasil penelitian sebagai berikut: rata-rata hasil belajar matematika siswa dari pra siklus sampai siklus II mengalami peningkatan, rata-rata kelas pada pra siklus hanya mencapai 52 dan ketuntasan klasikal 47,37%. Kemudian pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 65 dan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelas menjadi 79 dan ketuntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga jam analog dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Jamburejo Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Belajar, Alat Peraga, Jam Analog |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2494 |