Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 125 OKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING

NAZILA BUNESI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 125 OKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laporan perbaikan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan model probing Promting dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi pantun di kelas V SD N 125 OKU tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa.. Prosedur pelaksanaan tindakan berupa siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan 2 siklus, didapat peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM 70 untuk pengetahuan dan 70 keterampilan. Peningkatan hasil belajar terlihat dari sebelum mengadakan tindakan ketuntasan secara klasikal mencapai 23,08% untuk pengetahuan dan 23,08% untuk keterampilan meningkat menjadi 61,53% untuk pengetahuan dan 69,23% untuk keterampilan pada siklus I dan pada siklus ke-2 meningkat lagi menjadi 92,30% untuk pengetahuan dan 92,30% untuk keterampilan dengan demikian tercapai target yang diinginkan yaitu ketuntasan secara klasikal 85%. Begitu juga dengan daya serap siswa sebelum mengadakan Tindakan 53,08% untuk pengetahuan dan 51,46% untuk keterampilan, meningkat menjadi 71,53% untuk pengetahuan dan 70,46% untuk keterampilan pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 85,78% untuk pengetahuan dan 85,44% untuk keterampilan pada siklus II artinya tercapai target daya serap sebesar 75% untuk pengetahuan dan keterampilan. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran LCD Proyektor dapat memperbaiki proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. (Empat) SDN. 108 OKU dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Probing Prompting, Pantun
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item
View Item