Search for collections on Karya Ilmiah

Pengembangan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Literasi Siswa SD

RINI ANDRIANI (2023) Pengembangan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Literasi Siswa SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan guru belum atau hanya menggunakan media atau model pembelajaran biasa yang dapat menumbuhkan rasa penasaran dan ketertarikan terhadap pembelajaran tersebut. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka memerlukan media yang dapat di gunakan yaitu dengan menggunakan media powtoon/power point cartoon. Pembelajaran yang ada belum mendapatkan hasil yang optimal Peningkatan hasil belajar dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk membuktikan ketercapaian dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan hasil Literasi kita dapat menggunaan berbagai cara salah satunya dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia dengan menggunakan media powtoon (Agasi, Alwi, and Maulani 2021) Metode yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Setelah melaksanakan kegiatan tes dan Data hasil belajar dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar mencapai 68,55 ketuntasan belajar mencapai 56,11% dengan kriteria cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 72,22 dan ketuntasan belajar mencapai 100% dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil Literasi siswa dengan menggunakan media powtoon

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,Powtoon, Literasi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item
View Item