Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKASI BERBASIS WORK SHEET PADA PEMBELAJARAN DENGAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PARTISIPASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

JUSMALENA (2023) PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKASI BERBASIS WORK SHEET PADA PEMBELAJARAN DENGAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PARTISIPASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPendidikan sains diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari. Sains diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Pengalaman dalam belajar dengan melalui pembelajaran bermakna akan memberikan pengalaman yang sangat berarti bagi siswa. Pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi akan membantu siswa memahami dan akan meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Siswa akan mudah dan cepat memahami sesuatu apabila mereka dapat merasakan, melihat dan meraba. Tujuan Perbaikan pembelajaran tematik terpadu ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode demontrasi berbantuan media permaianan edukatif bebasisi worksheet dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa dalam belajar. Perbaikan pembelajaran pada tema energi dan perubahannya dan subtema perubahan energi di kelas III dilakukan dengan praktek melibatkan siswa di SD Negeri 189/IV Kota Jambi dan data penelitian dengan menggunakan data siswa setelah pelaksanaan praktek mengajar. Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran menunjukkan bahwa pada prasiklus nilai rerata kelas hanya 5.1 dan pada siklus I 6.3. dan meningkat pada siklus II menjadi 8.8. Sedangkan peningkatan partisipasi siswa mencapai rerata 89% dari jumlah siswa selama proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode demontrasi, hasil belajar dan parisipasi siswa. worksheet
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item
View Item