Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelas IV SDN 1 Sindang Marga

DEVIA INDRIATI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelas IV SDN 1 Sindang Marga. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengenai meningkatkan hasil belajar kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan materi pembelajaran tematik menggunakan metode diskusi yang dilatar belakangi oleh Proses pembelajaran seperti ini berdampak pada hasil belajar siswa belum mampu mencapai nilai yang telah ditentukan 70,00. Pada pembelajaran tematik kelas IV tema 3 tentang Jenis-jenis pekerjaan, hasil belajar formatif siswa semester gasal tahun pelajaran 2023/2024 adalah 55,35. Hasil belajar rata-rata ini masih berada di bawah yang ditetapkan sebesar 70,00. Dari hasil refleksi diri yang dilakukan dalam proses pembelajaran tersebut, perlu tindakan dalam proses pembelajaran agar hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penggunaan metode pembelajaran cooperative learning diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi, bermakna dan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar sehingga dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai 70.untuk itu peneliti bertujuan agar meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi.penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dimulai dari 15 mei 2023 sampai 22 mei 2023 dengan subjek siswa kelas IV SDN 1 Sindang Marga tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Sumber Data Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. pengamatan, diskusi, tes, dan kajian dokumen. berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada di kelas IV SDN 1 Sindang Marga adalah 70. Secara klasikal 80% peserta didik yang mendapat nilai 70 lebih dapat dinyatakan telah tuntas. Seorang peserta didik dikatakan berhasil dalam belajar apabila daya serap peserta didik mencapai KKM yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar,Pembelajaran tematik,metode diskusi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item
View Item