Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI GAYA MAGNET PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VSD NEGERI 23 PRABUMULIHDENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

ELVIANA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI GAYA MAGNET PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VSD NEGERI 23 PRABUMULIHDENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan alat peraga terhadap materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 23 Prabumulih. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana respon siswa Dengan menggunakan alat peraga terhadap materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 23 Prabumulih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini saya menggunakan metode eksperimen dalam menyampaikan pembelajaran IPA materi gaya magnet menambah semangat anak dan pembelajaran lebih menarik karena siswa melakukan percobaan secara langsung sehingga hasil siswa pada pembelajaran IPA meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 23 Prabumulih yang berjumlah 20 siswa pada semester genap 2022/2023. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh bahwa: Data nilai siswa setelah pembelajaran siklus I yang diperoleh : Rata-rata yang diperoleh 72 atau daya serapnya 72% Siswa yang mendapat nilai 75 keatas sebanyak 11 anak Siswa yang mendapat nilai kurang 60 sebanyak 9 anak. Siswa yang telah memiliki ketuntasan belajar (dengan nilai 75 keatas) sebanyak 11 anak dari jumlah 20 siswa atau 72,00% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 anak dari jumlah 20 siswa atau 23,00%. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan padatingkat pencapaian hasil belajr siswa yaitu nilai rata-rata kelas Ulangan harian menjadi 76 dari 20 siswa 1siswa mendapat nilai 60, 1 siswa mendapat nilai 65,11 siswa mendapat nilai 75, 2 siswa mendapat 80, 2 siswa mendapat nilai 85, 2 siswa mendapat nilai 90, 1 siswa mendapat nilai 95. Dengan presentase tuntas belajar klasikal 95,00% dan presentase belum tuntas belajar klasikal 5,00%, nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 95. Nilai rata-rata kelas pada kondisi awal 63 meningkat menjadi 73,80 pada siklus I, dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 76. Presentase tuntas belajar klasikal meningkat dari kondisi awal dari 45,00% menjadi 90,00% setelah siklus I, dan menjadi 95,00% setelah siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian ini yaitu ditetapkan 75,00 % siswa telah tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Alat peraga
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item
View Item