Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERU 09 SUNGAI PINANG

DERLI YUNITA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERU 09 SUNGAI PINANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari hasil pengamatan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 09 Sungai Pinang, siswa yang mampu menjawab dengan benar hanya 4 dari 20 siswa. Siswa juga jarang bertanya pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa kelihatan pasif dikarenakan kurangnya motivasi baik dari siswa maupun dari keluarga dalam pendidikan untuk belajar. Maka alternatif dan pemecahan masalahnya yaitu menggunakan metode demonstrasi dengan melibatkan unsur permainan. Subjek penelitian adalah kelas IV yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan di SD Negeri 09 Sungai Pinang. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian kualitatif berupa pengamatan peneliti terhadap aktifitas siswa, dan data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik dari hasil nilai rata-rata dari penilaian prasiklus, siklus I, dan Siklus II. Dilihat dari analisis hasil belajar terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu ketuntasan prasiklus 50%, Ketuntasan siklus I yaitu 72%, dan ketuntasan siklus II yaitu 94%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dengan melibatkan unsur permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pada proses pembelajaran siswa terlihat aktif.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Perubahan Gaya, Metode Demonstrasi
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item
View Item