PARIDA FASHA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS BERBASIS MEDIA POWER POINT DI KELAS V SDN 40 TALANG UBI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai siswa kelas V SDN 40 Talang ubi pada mata pelajaran IPS. Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas V pada materi Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 40 Talang Ubi yang berbasis media power point. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 40 Talang Ubi dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatf. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Pada siklus 1 hanya 10 siswa (35%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 68,77 yang mendapatkan nilai diatas KKM. Pada siklus II setelah menggunakan media power point yang lebih mernarik meningkat menjadi 19 siswa (73%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 81,77. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Power Point, Pelajaran IPS. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2473 |