MERITA SARI (2023) PENERAPAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SDIT BINA ILMI LEMABANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada pembelajaran Matematika pada siswa kelas I SDIT Bina Ilmi Lemabang perbaikan dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa di Kelas I SDIT Bina Ilmi Lemabang masih rendah. Hal ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Maka dari itu perbaikan pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan media konkret dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar matematika siswa kelas I SDIT Bina Ilmi Lemabang dengan menggunakan Media konkret. Hal ini tampak dengan adanya peningkatan rata-rata nilai dari prasiklus dengan persentasi 74 % dengan jumlah 20 siswa yang tuntas dan 26% siswa yang tidak tuntas dengan jumlah siswa 7 siswa. Dari hasil ‘penelitian tindakan kelas’ terhadap 25 siswa kelas I pada siklus I dan 23 siswa pada siklus II yang dijadikan objek penelitian, total jumlah ada 27 siswa karena sakit maka pada siklus I dan siklus II berbeda. Ternyata Media konkret dapat meningkatkan Hasil belajar matematika siswa. Hal ini tampak dengan adanya peningkatan rata-rata nilai dari hasil pada siklus I, sebanyak 15 orang siswa yang mencapai nilai diatas KKM dengan persentase 65 % sementara 8 orang yang tidak tuntas dengan persentase 35% dari jumlah 23. Sementara itu, pada siklus II, sebanyak 23 orang siswa mencapai nilai di atas KKM dengan persentase 92 % dari 25 orang siswa dan yang belum mencapai KKM atau tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 8 %.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Media Konkret dan Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2468 |