Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MATA UANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS III SD NEGRI KERTOSARI

YUSSIFFA ANIS NURWAHIDAH (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MATA UANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS III SD NEGRI KERTOSARI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilator belakangi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang belum menggunakan model-model pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya di SDN Kertosari pelajaran IPS materi tantang mengenal uang Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri beberapa tahapan seperti persiapan/perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Karya Mukti ini adalah 17 orang. Dari hasil analisi yang didapatkan bahwa dari 12 orang yang mengikuti pembelajaran diketahui bahwa rata-rata tes pada prasiklus sebesar 68,82, ketuntasan belajar secara individual sebesar 35,29%. Nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 60.sedangkan pada siklus I diketahui bahwa rata-rata tes pada Siklus I sebesar 75,00 ketuntasan belajar secara individual sebesar 64,71%. Nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 70.sedangkan siklas II diketahui bahwa rata-rata tes pada Siklus II sebesar 82,65 ketuntasan belajar secara individual sebesar 94,12%. Nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70. Kesimpulan dari penelitian ini dengan memnggunakan model pembelajaran examples non examples terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kertosari.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Examples Non Examples, IPS Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item
View Item