NOVI ANGGRAINI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilator belakangi dari rendahnya hasil belajar IPA di kelas V. Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI SDN Pasundan pada pelajaran IPA materi daur air di kelas V SDN Pasundan melalui permainan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 20 siswa. Desain penelitian tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Data akan dikumpulkan melalui tes penilaian hasil belajar siswa. Setelah semua data terkumpul, kemudian data tersebut diringkas dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa permainan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V SDN Pasundan. Hal tersebut dibuktikan dari 20 siswa pada pra siklus, hanya 4 (20%) yang menyelesaikan KKM 70, dengan rata-rata 61. Pada siklus I terlihat bahwa nilai rata-rata siswa adalah 72,4, dan 13 dari 20 siswa, atau 65% kelas, telah menyelesaikan KKM. Pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2 karena masih dibawah 85%. 17 siswa, atau 85% dari mereka yang berada di siklus II, menyelesaikan kursus; nilai rata-rata siklus II adalah 82.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Model Teams Games Tournament |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2466 |