AINUN HASANAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS II SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa rendah yang disebabkan oleh proses pembelajaran masih monoton/kurang bervariasi serta tidak menggunakan media konkret yang tepat untuk menanamkan konsep perkalian bilangan cacah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan media konkret pada siswa kelas II SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Kegunaan dari media konkret adalah sebagai alat bantu pengajaran matematika di Sekolah Dasar untuk menanamkan konsep perkalian bilangan cacah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research atau Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II pada kelas II. Instrumen yang digunakan adalah hasil tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa secara klasikal yaitu dari 57,14% menjadi 95,24%. Hasil yang dapat diolah bahwa penelitian dihentikan sampai siklus II karena ketuntasan belajar sebesar 75% yang ditentukan sudah tercapai. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan media konkret pada siswa kelas II SD Islam Cendikia Faiha Palembang.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Media Konkret, Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:07 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2464 |