Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SD PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUNGAI PENUH

AIDA AFRILLIA (2023) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SD PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUNGAI PENUH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran Make A Match adalah suatu proses kegiatan belajar mengajar yang mengutamakan penamaan kemampuan berfikir cepat melalui permainan mencari pasangan dengan media kartu. Penerapan metode Make A Match bertujuan untuk dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada kelas IV SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) model kemmis & Taggart yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Pengumpullan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi dan lembar observasi. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa Pada siklus I keaktifan belajar siswa belum meningkat, yaitu keaktifan belajar siswa 34,61%, untuk itu perlu dilakukan tindakan ke siklus II untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi pada siklus I. Pada siklus II Keaktifan belajar siswa meningkat mencapai 70,16%. Kegiatan belajar pada siklus II masing-masing tahap sudah terlaksana dengan baik. Siswa sudah lebih cenderung lebih aktif untuk saling mencari dan berdiskusi agar mendapatkan pasangan kartu yang tepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Make A Match, Pembelajaran IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item
View Item