Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar

PUTRI AMELYA (2023) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas II SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekseperimen, sedangkan desain penelitiannya menggunakan randomized preetest posttest design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II Ayang berjumlah 23 siswa dan II B yang berjumlah 22 siswa di SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel, perbedaannya yaitu nilai rata-rata pretest = 56,09 menjadi 77,18 pada posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen. Sedangkan hasil belajar siswa kelompok kontrol nilai rata-rata pretest = 57,83 menjadi 57,65 pada posttest. Dan berdasarkan hasil uji t, menunjukan bahwa nilai t-hitung = 4,010 dengan signifikansi 95% diperoleh t-tabel = 1,682. Maka t-hitung (4,010) > t-tabel (1,682), artinya bahwa model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Pelajaran Matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item
View Item