Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SDN 017/V KUALA TUNGKAL

HAPSAH (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SDN 017/V KUALA TUNGKAL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN 017/V Kuala Tungkal. Subjek penelitian ini adalah siswa I SDN 017/V Kuala Tungkal berjumlah siswa sebanyak 23 siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan membaca, observasi dan dokumentasi kegiatan berkaitan dengan proses pembelajaran menggunakan media flash card. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif berupa deskripsi mengenai segala hal yang ditemui peneliti selama proses penelitian. Teknik analisis data kuantitatif diperoleh berdasarkan rata-rata kemampuan membaca permulaan dari tes yang diberikan. Kemampuan membaca permulaan pada siklus 1 didapat hasil rata-rata 71,74% (kategori baik). Kemampuan membaca permulaan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata 88,04% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 017/V Kuala Tungkal.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: flash card, media, membaca permulaan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item
View Item