Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Bergerak di SD

YUNDHA INNASYAFA A (2023) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Bergerak di SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar seri bergerak pada materi pembelajaran menulis karangan di kelas II SD negeri 154/IV Kota Jambi. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sementara perbaikan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi dan tes evaluasi. Subjek penelitian berjumlah 32 orang, Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes, dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan motivasi dan hasil belajar siswa ditiap siklusnya. Pada siklus pertama diketahui rata-rata kelas untuk motivasi siswa sebesar 56% pada kategori cukup tinggi. Sedangkan pada siklus dua motivasi dalam kelas mengalami kenaikan menjadi 79% dan berada dalam kategori tinggi. Sementara untuk hasil belajar siswa juga terjadi kenaikan yaitu pada siklus pertama yakni dengan angka rata-rata 68 pada kategori cukup. Kemudian pada siklus kedua nilai rata-rata kelas sebesar 80 atau pada kategori baik. Berdasarkan data-data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media gambar seri bergerak dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Motivasi, hasil belajar, mengarang, media gambar seri bergerak
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:07
Last Modified: 11 Dec 2023 09:07
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item
View Item