Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD

HENISA PURWATI ZEBUA (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pembulatan dan penaksiran bilangan dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 186/V TSM Tebing Tinggi. Penelitian dilakukan di SDN 186/V TSM Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 186/V TSM Tebing Tinggi sebanyak 12 siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diambil menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model snowball throwing pada pembelajaran matematika materi pembulatan dan penaksiran bilangan telah mengalami peningkatan terbukti dari diperolehnya nilai siswa pada siklus I yang mendapatkan nilai diatas KKM sebanyak 7 siswa dengan rata-rata nilai 76,65. Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sebanyak 10 siswa. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran snowball throwing menarik perhatian siswa dan menjadikan siswa aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Matematika, Snowball Throwing
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item
View Item