Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA SEKOLAH DASAR

PRIZKY MAYANG SARI (2023) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa. Dengan menulis, kita dapat menuangkan pikiran, ide dan gagasan. Salah satu bentuk tulisan yakni deskripsi. Menulis deskripsi bagi siswa sekolah dasar bukanlah hal yang mudah, terlebih untuk kelas rendah. Hal ini yang peneliti temukan dalam pembelajaran di SD Lukmanul Hakim Kota Sungai Penuh. Alternatif yang dapat digunakan adalah dengan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk memudahkan siswa dalam menulis. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menentukan alternatif dengan menggunakan model concept sentence berbantuan flash card. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini kelas II yang berjumlah 15 orang. Data dianalisis dengan rumus ketuntasan belajar. Dari penelitian yang dilakukan sebanyak dua siklus didapatkan kegiatan menulis deskripsi dengan model concept sentence berbantuan flash card dapat membantu siswa dalam memahami bentuk tulisan deskripsi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model concept sentence berbantuan flash card sangat efektif dalam menulis deskripsi karena dapat mempermudah pemahaman siswa dan mempunyai daya tarik visual dari gambar yang ada pada flash card.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: concept sentence, flaschcard, menulis deskripsi, model
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item
View Item