ANGGIT WIJI SUPARNO (2023) PENERAPAN METODE STAD GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran yang terjadi di SDN 90/IX Sungai Landai ditemukan banyaknya peserta didik yang pasif dalam pembelajaran IPS, tampak peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik. Sehingga mempengaruhi hasil belajar yang rendah. Dengan adanya permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 90/IX Sungai Landai. Metode STAD merupakan variable bebas dalam penelitian ini, sedangkan hasil belajar sebagai variable terikat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 90/IX Sungai Landai sebanyak 21 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan metode analisis kuantitatif berupa tes dan observasi. Hasil penelitian pada hasil belajar peserta didik menunjukkan presentase rata-rata pada siklus 1 sebesar 66,66% berada pada kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,47% termasuk kategoti baik. Kesimpulan dari penilitian ini adalah penerapan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 90/IX Sungai Landai.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode STAD, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2432 |