Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH METODE TUSUK SATE TERHADAP NILAI MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

AJENG WAHYU FAJRIANI (2023) PENGARUH METODE TUSUK SATE TERHADAP NILAI MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

hasil observasi ditemukan kelemahan pada materi pembagian siswa kelas III SD Negeri 117 / X , masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM , dalam proses pembelajaran matematika materi pembagian siswa cenderung pasif dan merasa bosan serta kurang paham dengan metode pembagian bersusun yang cenderung digunakan oleh guru , sehingga mengakibatkan pembelajaran yang berlangsung hanya searah atau hanya guru yang berperan dalam proses pembelajaran mengakibatkan siswa sering kali mengabaikan apa yang disampaikan guru dalam proses pembelajaran berlangsung , hal ini terjadi karena penggunaan metode yang tidak menarik dan merangsang peserta didik dalam belajar , sehingga siswa menjadi sangat pasif saat pembelajaran. keberhasilan dapat diukur dari tingkat penguasaan materi yang dilihat dari nilai tes dan partisipasi siswa . bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus , yang didasari oleh 4 tahapan yakni : Perencanaan , Pelaksanaan , Pengamatan , dan Refleksi , Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menerapkan pembelajaran matematika pembagian dengan metode tusuk sate dapat meningkatan proses dan hasil belajar siswa , dengan penerapan metode tusuk sate ini ada peningkatan nilai siswa dan terciptanya suasana yang lebih aktif dan menarik .

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Matematika , Pembagian , Nilai , Metode
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item
View Item