Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE NHT SISWA KELAS IV SD SWASTA SUNGAI RUMBIA 2 ROKAN HILIR RIAU

DEWI F. RITONGA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE NHT SISWA KELAS IV SD SWASTA SUNGAI RUMBIA 2 ROKAN HILIR RIAU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberminatan dalam belajar secara individual peserta didik masih kurang terlihat, dibandingkan secara berkelompok, terkhusus didaerah yang lebih dominan berlatar belakang pendidikan rendah seperti yang dialami peneliti, sehingga pengaruh dukungan orang tua dan lingkungan sangatlah penting dalam pendidikan terutama capaian hasil belajar. Dalam hal ini SD Swasta Sungai Rumbia 2 Rokan Hilir Riau, jelas terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran IPA pada materi Gaya, yang dijadikan sebagai objek observasi NHT tindakan kelas yang menghasilkan ketercapaian ketuntasan KKM yang semakin baik. Yang pada awalnya dalam pertemuan penelitian pertama ketercapaian hasil belajar masihlah rendah dengan persentase 50% peserta didik tidak tuntas dalam KKM pada pra siklus, kemudian 33% pada siklus I hingga peneliti mengobservasi melakukan tahap perbaikan sebanyak 3 kali dari menggunakan metode media pembelajaran sampai penggunaan metode berkelompok atau NHT, dengan capaian 100% ketuntasan pada siklus II. Namun tetapi, peneliti sadar kerterbatasan situasi dan kondisi yang menjadikan bahan refleksi perbaikan ke tahap- tahap selanjutnya baik bagi peneliti maupun peserta didik, dalam melakukan observasi tindakan kelas ke arah yang lebih baik

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media belajar, NHT, tindakan kelas
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item
View Item