RINA SETIAWATI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN SISWA KELAS II SD NEGERI 010 SERESAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 010 Seresam dengan alasan masih rendahnya hasil belajar matematika pada kelas 2. Pembelajaran Matematika yang saat ini dilaksanakan cenderung menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa bosan. Hal inilah yang menjadi penyebab salah satu hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu cara agar pebelajaran menjadi menarik yaitu melalui penerapan metode matematika realistik yang menekankan aktivitas dan interaksi antar siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus. Prosedur penelitian PTK meliputi pelaksanaan, perencanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan pada siklus I (85,71%) penerapan pembelajaran matematika realistik. Penelitian dilanjutkan pada siklus ke II menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kategori sangat baik (100%). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri 010 Seresam.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika realistik, pecahan, hasil belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2424 |