Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI MI AL- USMANIYAH PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI GEJALA ALAM DI INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR

WINARTI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI MI AL- USMANIYAH PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI GEJALA ALAM DI INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI MI Al- Usmaniyah Jl. H.Imam Munandar Bagan Batu pada mata pelajaran IPS dengan materi gejala alam di Indonesia melalui media gambar. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI Al-Usmaniyah Jl. H. Imam Munandar Bagan-Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata nilai peserta didik adalah 60-80, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 80-100. Selain itu, penggunaan media gambar juga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Selain itu hasil observasi menunjukan adanya peningkatan partisipasi dan motivasi belajar peserta didik selama pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran IPS dengan materi Gejala Alam Di Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Meningkatkan hasil belajar, PTK, Media Gambar, IPS, Materi Gejala Alam di Indonesia.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item
View Item