SUCI LESTARI (2023) PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS II SDN 019 SUNGAI TAPAHTAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian Ini Betujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa kelas 2 SDN 019 Sungai Tapah T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan didalam kelas dengan melihat output dan input hasil belajar siswa.subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 019 Sungai Tapah yang berjumlah 20 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman kemampuan konsep pada pembelajaran matematika siswa dengan melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode index card match (ICM) memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika siswa SDN 019 Sungai Tapah. Hal ini dilihat dari hasil yang diperoleh siklus I, dimana terdapat 13 orang siswa dengan presentase klasikal 65% tergolong kategori tuntas dan 7 orang siswa presentase klasikal 35% tergolong kategori tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan sebanyak 17 orang siswa dengan presentase klasikal 85% tergolong kategori tuntas dan 3 orang dengan presentase klasikal 15% tergolong kategori tidak tuntas. Dari dapat diketahui bahwa metode Index Card Match (ICM) efektif digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika siswa dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap konsep.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match (ICM), Pemahaman Konsep Matematika, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2420 |