Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN METODE PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS VI SDN 011 PERANAP TP. 2022/2023

RIZA RAHMI (2023) PENGGUNAAN METODE PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS VI SDN 011 PERANAP TP. 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode praktik dengan subjek siswa kelas VI SDN 011 Peranap terhadap pembelajaran IPA dalam materi pembelajaran perkembangbiakan tumbuhan dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan melalui model praktik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang berisi soal-soal tentang perkembangbiakan tumbuhan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal ≥80% siswa telah mencapai KKM yaitu 70 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan tiap siklusnya. Berdasarkan hasil belajar siswa yang diperoleh mulai dari siklus I ke siklus II terus menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktik terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SDN 011 Peranap.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, perkembangbiakan tumbuhan, metode praktik
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item
View Item