UTARI WIJAYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DENGAN BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET DI KELAS IV SDIT ATH - THAARIQ 2 MUHAMMADIYAH TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun datar setelah penerapan model Problem Based Learning berbantuan media benda konkret. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV Ibnu Hajar SDIT Ath-thaariq 2 yang berjumlah 27 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SDIT Ath-Thaariq 2 Muhammadiyah pada tanggal 04 Mei 2023 pada Siklus I dan 17 Mei 2023 pada Siklus II. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana pada setiap siklus itu terdapat 4 langkah yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77. Pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 82% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning berbantuan media benda konkret pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Ath-Thaariq 2 Muhammadiyah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, matematika, problem based learning, media benda konkret |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2415 |