Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PENYAJIAN DATA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 008 AIR PUTIH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

JULITA KHISNI SUSILOWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PENYAJIAN DATA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 008 AIR PUTIH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini berisi hasil penelitian yang dilakukan di kelas Vb SD Negeri 008 Air Putih. Adapun latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas Vb pada materi penyajian data dalam diagram batang. Rendahnya kemampuan siswa dalam materi ini adalah dipengaruhi oleh: (1) pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) keaktifan siswa dalam belajar masih rendah, dan (3) siswa kurang teliti dalam membaca data. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), terutama tentang penyajian data dalam diagram batang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil evaluasi dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil belajar pada tindakan siklus I mencapai ketuntasan 71,4 % dan dilanjutkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 89,3 %. Peningkatan hasil belajar ini membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data pada diagram batang.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, penyajian data, pembelajaran kooperatif, Number Head Together (NHT), Sekolah Dasar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item
View Item