Search for collections on Karya Ilmiah

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN MEDIA ORIGAMI

YUMNUN HAYATI SUNARYO (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN MEDIA ORIGAMI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakModel pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dengan media origami merupakan model pembelajaran yang terdiri dari beberapa tahap yang terstruktur. Tahap-tahap tersebut terdiri dari review, pengembangan, latihan terkontrol, kerja mandiri dan penugasan yang setiap tahapnya dikombinasikan dengan media origami sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa kelas rendah. Setiap tahap dalam MMP saling berkaitan sehingga membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Dalam penelitian ini model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dipadukan dengan media origami, dimana origami adalah seni melipat kertas yang meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan mengembangkan imajinasi siswa. Dalam kegiatan belajar Missouri Mathematic Project (MMP) Dengan Media Origami membantu siswa untuk dapat berpartisipasi berpikir matematis dan berkomunikasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran serta terdapat tanggung jawab perseorangan maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa MI Miftahul Ulum Kuantan Sako materi bangun datar pada siswa kelas I yang berjumlah 23 orang siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang mengacu pada PTK, dengan refleksi yang terjadi pada setiap akhir siklus selama 4 kali pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, ditandai dari nilai ratarata 73,00 pada siklus I menjadi 83.00 pada siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi dari kegiatan belajar siswa, maka terdapat 20% siswa memperoleh nilai A, 40% nilai B, 30 % nilai C, dan 10% nilai D. Proses pembelajaran Matematika berlangsung secara optimal, yang dicirikan dengan terjadinya kelas yang kondusif dan siswa yang aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Hasil deskripsi menunjukkan bahwa siswa kelas I MI Miftahul Ulum Kuantan Sako berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun dengan metode Missouri Mathematic Project MMP dengan memanfaatkan media origami.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematic Project (MMP), Origami
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item
View Item