Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Khususnya Penjumlahan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 02 Lubuk Jering

VIVI HANDRIANI (2023) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Khususnya Penjumlahan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 02 Lubuk Jering. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hasil belajar matematika khususnya penjumlahan pada siswa kelas 1 SD Negeri 02 Lubuk Jering. Yang mana penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dan penelitian ini dilaksanakan menggunakan siklus. Adapun siklus yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, adapun setiap satu siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Adapun prosedur perbaikan pembelajaran pada masing-masing pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan juga refleksi. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar matematika khususnya penjumlahan adapun objek penelitian yaitu siswa kelas 1 SD Negeri 02 Lubuk Jering, yang mana siswa kelas 1 berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Dan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap bertepatan pada tahun ajaran 2022/2023. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknik tes, dan teknik observasi. Adapun cara menganalisis data pada penelitian ini dengan menggunakan rumus persentase jumlah siswa yang mencapai KKM dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan lalu dikali 100%. Melalui penggunaan persentase di atas didapat bahwa nilai siswa yang diperoleh diatas KKM sebelum tidakan silkus berlangsung adalah 29% dan setelah diadakan siklus pertama hasih yang diperoleh siswa yang mencapai KKM yakni 67% dan pada silkus ke 2 diadakan meningkat menjadi 90%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasih dan hasil belajar siswa ada peningkatan dari persentase di atas. Sehingga Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika khusus penjumlahan pada siswa kelas 1 SD Negeri 02 Lubuk jering.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil belajar, Matematika, Metode demonstrasi.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item
View Item