SYULBI ANDAYU (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas V SDN 025 Sinambek. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C. Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 025 Sinambek yang berjumlah 18 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika berdasarkan persentase ketuntasan belajar pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 38,89%; 66,67%; 88,89%. Rata-rata nilai siswa pada pra siklus, siklus I dan Siklus II adalah 60,28, 70,56 dan 86,67. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang peserta didik kelas V SDN 025 Sinambek.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Matematika, Project Based Learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2406 |