JULIAWATI (2023) Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Materi Jenis Sumber Daya Alam Siswa Kelas III sd Negeri 012 Km.8 Siarangarang Kecamatan Pujud. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak : Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Jenis Sumber Daya Alam pada siswa kelas III melalui menggunakan media benda konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA tentang jenis sumber daya alam. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Buluh Kuring Kecamatan Lawang Wetan dengan jumlah peserta didik sebanyak 22 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 6 siswa (40%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 14 siswa (67%). Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (99%) dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 76,5. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Benda Konkret, Pelajaran IPA. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2402 |