Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT INDERA PENGECAP (LIDAH) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MEREDAN TP. 2022/2023

MEY MELVA YDA SIHOMBING (2023) PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT INDERA PENGECAP (LIDAH) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MEREDAN TP. 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 18 Meredan pada materi indera manusia khususnya indera pengecap (lidah). Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Adapun desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes dengan menggunakan analisis data secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan hasil refleksi siklus 1 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas adalah sebanyak 13 orang atau 52 % dari 25 orang jumlah siswa, sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu siswa yang tuntas sebanyak 20 orang atau 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkat kan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 18 Meredan indera pengecap manusia.Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Problem Based Instruction (PBI)ABSTRACTThis research was motivated by the low science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 18 Meredan on the material of the human senses, especially the sense of taste (tongue). The learning model used in this study is the Problem Based Instruction (PBI) Learning Model. The classroom action research design used is the Classroom Action Research (CAR) design which consists of 2 cycles and four stages in each cycle, namely planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used were observation sheets and tests using descriptive data analysis. This research was conducted in 2 cycles with the results of reflection in cycle 1 showing an increase in student learning outcomes that completed as many as 13 people or 52% of the 25 students, while in cycle 2 there was an increase in student learning outcomes, namely students who completed 20 people or 80% , so that it can be concluded that the Problem Based Instruction (PBI) Learning Model can improve the learning outcomes of students in grade IV SD Negeri 18 Meredan and the human sense of taste.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Problem Based Instruction (PBI)
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2400

Actions (login required)

View Item
View Item