YULI MARYANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 3 TELUKSAMAK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKDilatarbelakangi oleh hasil observasi yang memperlihatkan rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran matematika. Menanggapi hal tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Teluksamak dan waktunya di semester II tahun pelajaran 2022/2023. Banyak siswa yang menjadi objek penelitian adalah berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dari setiap siklus akan diambil data berupa data kuantitatif dan juga data kualitatif. Data kuantitatif merupakan hasil yang diproleh siswa dalam assesmen yang dilaksanakan sedangkan data kualitatif penilaian yang dilaksanakan melalui observasi. Berdasarkan data dari prasiklus keberhasilan siswa yang mencapai KKM hanya 5 siswa dari 15orang siswa yaitu hanya 33,33%, pada siklus 1 terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 9 siswa sudah mencapai KKM dengan persentase 60% . dan dilanjutkan ke siklus 2 terjadi peningkatan signifikan yaitu seluruh siswa tuntas diatas KKM yaitu 100%. Kesimpulannya bahwa penggunaan media benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Benda Konkret, Bangun Datar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2389 |