Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 018 UKUI

HILWA RISTI APRISTASARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 018 UKUI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 018 Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Index untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Studi ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus dengan empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siswa kelas V SDN 018 Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 12 orang putri dan 11 orang putra, berusia 11-12 tahun. Simulasi, pengamatan, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis melalui pendekatan deskriptif. Hasil belajar siswa pada siklus pertama telah meningkat. Nilai rata-rata kelas adalah 76,09%, dengan 17 siswa untuk memenuhi KKM, dan persentase siswa yang tuntas adalah 73,91%. Hasil belajar siswa pada siklus kedua menunjukkan peningkatan. Nilai rata-rata kelas adalah 95,22%, 23 siswa memiliki KKM, dan persentase siswa yang tuntas adalah 100%. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 018 Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan dapat ditingkatkan dengan using model pembelajaran kooperatif berbasis kartu indeks.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Kartu Indeks.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item
View Item