MULIA NINGSIH (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 11 PENCING BEKULO KECAMATAN KANDIS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Penelitian mengenai penerapan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi peristiwa alam di kelas 5 semester 2 SD Negeri 11 Pencing Bekulo kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah guru tidak menggunakan metode dan media yang tepat Sehingga dalam menjelaskan materi pembelajaran yang diberikan guru terkesan sangat monoton, inilah yang menyebabkan hasil belajar dan minat belajar siswa rendah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Bentuk Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yaitu dengan melakukan 1. perencanaan 2. pelaksanaan tindakan 3. pengamatan 4. Refleksi. Berdasarkan pembelajaran siklus 1 disimpulkan bahwa penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru serta media yang terkesan sederhana membuat pembelajaran tidak aktif yang membuat timbul rasa bosan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan Pada pelaksanaan perbaikan siklus 2 dengan metode demonstrasi yang digunakan serta media yang menarik perhatian siswa menghasilkan siswa yang aktif dan juga kreatif. Demikian perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan prosedur dapat mengaktifkan hasil belajar siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa, metode demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2383 |