ASNI FITRI (2023) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING; MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 PADA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM SD NEGERI 10 MENDOBARAT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakMeningkatkan hasil belajar Siswa kelas 5 pada pembelajaran IPS, penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ada di kelas yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning make a match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 10 Mendobarat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan penelitian, diperoleh siswa yang tuntas baru mencapai 40 %. Setelah perbaikan pada Siklus I siswa yang tuntas mencapai 63,3 %, dan pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 96,7 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning: make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada pelajaran IPS di SD Negeri 10 Mendobarat.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil belajar, Cooperative Learning Make a Match |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2382 |