Search for collections on Karya Ilmiah

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD PADA MATERI IDE POKOK

NURPADILA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD PADA MATERI IDE POKOK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian perbaikan ini dilatarbelakangi masih rendahnya nilai PTS Bahasa Indonesia dan motivasi membaca bacaan ilmiah yang masih rendah, Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran tujuan dari penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ide pokok suatu bacaan ilmiah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi Tes dan Non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan Kualitatif. Tes dalam penelitian ini menggunakan bentuk tes formatif. Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada siswa kelas VI sebanyak 22 orang di SD Alam Bangka Belitung pada materi ide pokok. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. pada siklus 1 ini mencapai ketentusan belajar sebesar 20%. Pada siklus 2 ada peningkatan bila di bandingkan hasil pada siklus 1. Pada siklus 2 ini ketuntasan belajar mencapai 77% dimana ada 12 siswa yang nilainya sudah tuntas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di SD Alam Bangka Belitung Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bahasa Indonesia, Hasil belajar, Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item
View Item