YESI OKTAVIANI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH KELAS IV SD NEGERI 03 ULAKAN TAPAKIS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar siswa dan siswa kurang antusias serta kurang aktif dalam pembelajaran matematika sehingga materi pembelajaran belum dapat dipahami siswa dengan baik . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi saat proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi bilangan cacah mengalami peningkatan setelah dilakukan siklus I dan siklus II. Pada kondisi prasiklus hanya 1 siswa (14%) yang tuntas dan 6 siswa (86%) yang belum mencapai KKM (75). Setelah dilaksanakan tindakan siklus I ketuntasan belajar meningkat dengan siswa yang mencapai KKM 2 siswa (28%) dan 5 siswa (71%) yang belum mencapai KKM dengan rata-rata 43% dan pada siklus II meningkat menjadi 6 orang (86%) dan 1 siswa (14%) yang belum mencapai KKM dengan rata-rata 78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Ulakan Tapakis, Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Demonstrasi, dan Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2372 |