ZEFRINA WATI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS III UPT SDN 15 KOTO PANJANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil refleksi penulis sebagai seorang guru yang mengajar di Kelas III UPT SDN 15 Koto Panjang. Proses pembelajaran yang terjadi selama ini belum efektif. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Tahapan yang dilakukan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap Siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SDN 15 Koto Panjang. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisa data dilakukan analisis kuantitatif. Dari Hasil penelitian yang dilaksanakan 2 siklus, penerepan pendekatan kontesktual pada materi pecahan kelas III UPT SDN 15 Koto Panjang telah meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terjadi pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas KKM telah mencapai 67 % dan pada siklus II yaitu 91%. Penelitian ini dinyatakan berhasil setelah melaksanakan siklus II, sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu jumlah siswa yang mencapai KKM lebih dari 75%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Pecahan, SD. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2371 |