Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN RECORDER DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VI SDN 26 PADANG TAE

SEPNITA HIDDAYANI (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN RECORDER DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VI SDN 26 PADANG TAE. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sepnita Hiddayani1)1)Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar (PGSD) Universitas Terbuka (UT) UPBJJ 14/Padange-mail: sepnitahiddayani@yahoo.comABSTRAKPenelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran, kurangnya pendemonstrasian keterampilan oleh guru, guru kurang melatih siswa dalam memainkan alat musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menggunakan Recorder dengan Metode Demonstrasi.Jenis penelitian ini adalah PTK (ClassroomActionResearch), penelitian menggunakan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VI, dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data meliputi, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Data diperoleh dengan observasi, penilaian proses dan keterampilan.Hasil penelitian pelaksanaan pembelajran aspek guru pada siklus I 70,5% (cukup), siklus II 87% (sangatbaik). Aspek siswa pada siklus I 70,5% (cukup), siklus II 87% (sangat baik). Rata-rata nilai keterampilan siswa pada siklus I 73,06, dan rata-rata nilai keterampilan siswa pada siklus II 82,71. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa, pembelajaran seni musik memainkan rekorder dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan bermusik siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Keterampilan, Metode Demonstrasi, Recorder
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item
View Item