Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DENGAN MENGGUNAKAN TANGGA PINTAR DALAM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI SDIT MASYITHAH

ANGGUN CITRA PRATIWI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DENGAN MENGGUNAKAN TANGGA PINTAR DALAM MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI SDIT MASYITHAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dasar penelitian ini adalah (1) nilai ulangan harian yang masih rendah dalam materi penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika, (2) media pembelajaran berupa alat peraga masih kurang mendukung proses pembelajaran, (3) pemahaman peserta didik mengenai konsep operasi berhitung khususnya penjumlahan dan pengurangan. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan tangga pintar. Media tangga pintar merupakan cara yang mudah dan menyenangkan untuk mengajarkan peserta didik dalam mata pelajaran matematika sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh guru kelas I SDIT Masyithah Bukittinggi pada bulan Mei 2023. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pada siklus I terdapat 15 siswa (68%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), selebihnya 7 peserta didik (32%) tergolong tidak tuntas berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas KKM bertambah menjadi 19 orang peserta didik (86%) dan sisanya 3 orang peserta didik (14%) tidak tuntas KKM yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Tangga Pintar, Penjumlahan, Pengurangan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item
View Item