NILA RAHMADANI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match pada Siswa Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian tindaka kelas dalam dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas V SDN 17 Lubuk Alung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan dimana ketuntasan pada pratindakan sebesar 48%. Pada siklus I persentase ketuntasan 67% dengan rata-rata kelas adalah 70. Maka dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh rata-rata 78,3 dengan rincian 18 atau 86% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 3 atau 14% siswa belum mengalami peningkatan belajar. Merujuk pada temuan penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 17 Lubuk Alung.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, make a match, hasil belajar matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2365 |