RESTI HELFRI SASMI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN BERBANTUAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SD MUHAMMADIYYAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Guru masih menggunakan metode konvensional (berpusat pada guru.) Pembelajaran IPA materi siklus hidup hewan selalu disampaikan secara lisan melalui ceramah dan membaca buku teks pelajaran. Partisipasi siswa sangat rendah karena siswa hanya melakukan kegiatan duduk, diam, mendengar, mencatat dan menghafal, sehingga kurang menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar IPA materi siklus hidup hewan dengan menggunakan metode cooperative learning tipe two stay two stray kelas IV SD Muhammadiyyah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan test. Data di analisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada prasiklus hanya 8 siswa (33%) yang mendapatkan nilai tuntas dengan nilai rata-rata 71,67. Pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (67%) dengan rata-rata nilai 82,08. Pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (83%) dengan rata-rata nilai 88,75. Berdasarkan penelitian yang dilakukan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan belajar IPA pada materi siklus hidup hewan kelas IV SD Muhammadiyyah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, siklus hidup hewan,TSTS ( Two Stay Two Stray) |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2364 |